Bandung sebagai tempat wisata belanja dan kuliner juga memiliki tempat wisata yang sangat indah dan layak untuk dikunjungi sebagai tempat tujuan untuk berlibur. pada saat ini saya mau menceritakan sedikit pengalaman mengunjungi tempat rekreasi pemandian air panas yang berada lumayan agak jauh dari pusat kota bandung yaitu pemandian air panas ciwalini, yang berada di daerah ciwidey – patenggang bandung.

ciwalini

ciwalini

Sebenarnya saya sudah beberapa kali mengunjungi tempat pemandian air panas yang lokasinya dikelilingi oleh perkebunan teh namun baru saat ini saya coba ulas dalam bentuk tulisan, tempat wisata yang berada kurang lebih 35 KM dari pusat kota bandung ini lumayan ramai pada saat itu. cuaca hujan yang dikhawatirkan turun karena sedang musimnya tidak turun pada saat itu, sehingga cuaca cerah menambah perjalanan menjadi lancar. Karena terus terang saja jika cuaca hujan maka sedikit kekhawatiran akan datang, dikarenakan kontur jalan yang sedikit menanjak dan berkelok-kelok akan sangat berpengaruh jika hujan turun.

perjalanan ciwalini

perjalanan ciwalini

Dengan mengendarai mobil sedan corolla saya berangkat dari kota Bandung sekitar pukul 8 pagi. melewati jalur alternatif yang tidak biasa, yaitu jalur cimahi-baros-nanjung-soreang melewati stadion kebanggan masyarakat kabupaten bandung yaitu si Jalak Harupat perjalanan relatif lebih lancar saat itu, dibandingkan dengan melewati jalur Kopo-Soreang yang biasanya macet terlebih pada saat akhir pekan atau liburan.

Setelah beberapa kali istirahat dengan berhenti di ATM, POM Bensin dan Mini market akhirnya sekitar jam 10.30 kita sampai di ciwalini. pada saat itu kami lima orang 3 orang dewasa dan 2 anak kecil masuk ke area pemandian air panas dikenakan tarif sebesar Rp. 53.000,- kurang tau juga hitung-hitungannya seperti apa yang pasti tarif tersebut sudah termasuk masuk area pemandian tetapi belum termasuk parkir.

pemandian air panas ciwalini

pemandian air panas ciwalini

Setelah masuk area pemandian ternyata suasana sangat penuh pengunjung, sehingga sangat sulit mencari tempat untuk sekedar duduk dan makan lesehan. ternyata di dalam area pemandian juga terdapat area pemandian lagi yang dilengkapi taman dan perosotan air serta kolam khusus anak balita, tetapi untuk masuk area tersebut pengunjung harus membayar lagi Rp. 5000,-/orang. Akhirnya kami memasuki area tersebut dengan harapan akan mendapat tempat yang lebih leluasa dan anak-anak dapat bermain air di kolam khusus balita tersebut.

perkebunan teh ciwalini

perkebunan teh ciwalini

Setelah makan dan menikmati bekal yang dibawa dari rumah akhirnya kamipun berendam di air panas yang kalau menurut saya airnya kurang panas dan kadar belerangnya tidak terlalu tinggi tidak seperti pemandian air panas di daerah ciater maupun cipanas garut. Setelah puas berendam dan bermain air sekitar jam 12.30 kami memutuskan untuk menyudahi acara mandi air panas dan memutuskan untuk mengunjungi tempat wisata lainnya yang berada di daerah ciwidey yaitu situ patenggang yang letaknya tidak begitu jauh dari area pemandian air panas ciwalini. Untuk pengalaman di situ patenggang ini sepertinya saya akan coba ulas pada tulisan berikutnya, semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat dijadikan referensi teman-teman yang akan mengunjungi Bandung untuk berlibur.

Related Posts