Bandung sebagai kota wisata di Indonesia sudah sangat terkenal baik di dalam maupun luar negeri, sudah banyak sekali cerita menarik tentang wisata Bandung yang diliput dan diceritakan oleh para wisatawan lokal maupun manca negara sehingga menjadikan Bandung menjadi tujuan destinasi wisata bagi banyak orang terutama yang belum pernah mengunjungi Bandung sama sekali.

Pada saat ini sebenarnya Bandung bukan hanya menjanjikan pariwisata alam dan juga rekreasi saja, wisata kuliner pun sangat menarik bagi wisatawan yang datang ke Bandung. Selain kuliner/makanan yang memang sebelumnya sudah terkenal, di Bandung pun banyak suguhan kuliner dengan inovasi dan terobosan baru sehingga menggugah orang untuk senantiasa mencoba suguhan tersebut kemudian membaginya di sosial media. Dalam tulisan ini kami tidak akan menceritakan keberagaman wisata kuliner di Bandung, karena yang akan kami ceritakan disini adalah lokasi tujuan wisata/rekreasi yang populer dan sering menjadi destinasi para wisatawan dari luar Bandung yang paling banyak dikunjungi.

Berikut ini adalah lokasi tujuan wisata di Bandung yang paling banyak dikunjungi wisatawan yang datang ke Bandung :

1. Jalan Braga

jalan braga

jalan braga

Jalan Braga adalah jalan yang ada di Pusat Kota Bandung, yang menarik dari Jalan Braga ini adalah masih terawatnya gedung-gedung tua di sepanjang jalan sehingga sangat menarik bagi para wisatawan untuk sekedar berfoto dan mengabadikan momennya ketika mereka berada di kota Bandung. Di jalan Braga ini juga akan banyak ditemukan pedagang-pedagang lukisan yang menambah kesan Bandung Banget.

2. Gedung Sate

gedung sate bandung

gedung sate bandung

Gedung Sate sebenarnya bukan tempat wisata, gedung sate ini adalah kantor atau tempat bekerja gubernur Jawa Barat dan wakilnya serta pegawai pemprov Jawa Barat lain dalam melakukan aktifitas kerjanya. seiring dengan penampilan gedung sate yang unik dan legend karena emang gedung ini sudah dibuat dari zaman Belanda maka banyak wisatawan yang sengaja ke Bandung untuk sekedar melihat dan melakukan foto-foto di area gedung sate ini.

3. Gunung Tangkuban Perahu

gunung tangkuban perahu

gunung tangkuban perahu

Gunung api yang masih aktif ini merupakan salah satu destinasi wisata para wisatawan yang berkunjung ke Bandung, gunung yang dari jauh tampak seperti sebuah perahu yang terbalik ini sangat menjanjikan keindahan, karena suasana dan juga lingkungannya yang asri dan terawat sebagai hutan lindung bagi kestabilan suhu di wilayah Bandung dan sekitarnya.

4. Trans Studio Bandung

trans studio bandung

trans studio bandung

Sejak mulai beroperasi beberapa waktu lalu, trans studio bandung banyak menarik minat orang-orang dari luar Bandung untuk mencoba menikmati wahana yang ada di arena ini. trans studio bandung yang letaknya di salah satu mall terbesar di Bandung yaitu Bandung Super mall menjanjikan suguhan permainan modern yang mungkin tidak bisa dinikmati di kota atau daerah lain.

5. Situ Patenggang

situ patenggang bandung

situ patenggang bandung

Situ alam/danau yang terletak di area perkebunan teh patenggan atau patengan ini juga sangat banyak dikunjungi para wisatawan, baik lokal maupun manca negara. di situ patenggang ini kita bisa menikmati sajian alam yang sangat mempesona, apalagi jika kita menikmatinya dari perkebunan teh diatasnya. sehingga jika melihat hamparan situ tersebut dari ketinggian maka kita akan disuguhi pemandangan bagus yang mungkin sangat tidak mungkin bisa dinikmati di kota.

6. Kawah Putih

kawah putih bandung

kawah putih bandung

Kawah Putih yang letaknya di Bandung Selatan, tepatnya ciwidey sangat banyak dikunjungi wisatawan pada saat week end maupun liburan. Kawah yang area nya didominasi warna putih ini banyak menjadi tujuan wisatawan untuk sekedar berfoto prewedding, maupun foto-foto rombongan keluarga.

7. Kebun Binatang Bandung

kebun binatang bandung

kebun binatang bandung

Kebun Binatang satu-satunya di kota Bandung ini sangat ramai sekali pada waktu week end dan liburan sekolah, dari segi lokasi sebenarnya kebun binatang ini sudah diwacanakan untuk di pindah ke lokasi yang lebih luas, sehingga bisa memberikan kenyamanan yang lebih bagi para pengunjung nya. di luar itu semua kebun binatang Bandung ini masih menjadi magnet bagi beberapa orang tua untuk mengajak keluarga dan anaknya liburan di pusat kota Bandung.

8. Cihampelas Walk (Ciwalk)

cihampelas walk

cihampelas walk

Mall dengan konsep yang lain daripada yang lain ini memberikan kesan yang berbeda jika kita mengunjungi Bandung, berlokasi di jalan Cihampelas menjadikan mall ini sangat ramai terutama diwaktu long week end atau musim liburan. karena jalan cihampelas merupakan pusat jeans di Bandung yang sudah sangat terkenal ke seluruh Indonesia.

9. Curug Dago

curug dago

curug dago

Curug yang sampai saat ini semakin kritis ini sekarang masih ada, dan mudah-mudahan akan tetap lestari. Curug dago lumayan cukup menjadi tujuan destinasi wisata para wisatawan khususnya yang menyukai wisata alam dan ingin menikmati alam dari ketinggian kota Bandung.

10. Bumi Perkemahan Ranca Upas Ciwidey

perkemahan ranca upas

perkemahan ranca upas

Bumi perkemahan ini sudah sangat akrab untuk berbagai kalangan di Bandung, karena sering sekali tempat ini dijadikan event untuk berbagai kegiatan liburan, kemping, maupun acara ospek/mos sekolah atau kampus-kampus. seiring perkembangannya bumi perkemahan ranca upas ini sering juga dijadikan tempat untuk melaksanakan gathering berbagai komunitas.

11. Pemandian Air Panas Ciwalini

pemandian air panas ranca walini

pemandian air panas ranca walini

Pemandian ini sangat familiar untuk warga Bandung yang ingin merasakan sensasi mandi air panas, dengan jarak yang tidak begitu jauh dari Bandung, pemandian air panas ranca walini ini juga seringkali menjadi destinasi wisata para wisatawan dari luar daerah bandung. Harga tiket masuk yang murah dan sensasi air panas yang jarang ditemukan ditempat lain.

12. Curug Cimahi

curug cimahi

curug cimahi

Curug Cimahi merupakan destinasi wisata yang dekat dengan beberapa tempat wisata lain di bandung seperti Dusun Bambu, di curug yang masih lestari dan terawat ini banyak sekali monyet berkeliaran disana, sehingga menjadi daya tarik tersendiri ketika berkunjung ke tempat wisata tersebut.

13. Pemandian Air Panas Ciater

pemandian air panas ciater

pemandian air panas ciater

Selain pemandian air panas ranca walini di daerah ciwidey, ada juga pemandian air panas di daerah Bandung utara, tepatnya di daerah bandung menuju ke subang. air panas di ciater ini banyak memberikan manfaat diantaranya terapi untuk berbagai penyakit kulit.

14. Situ Lembang

situ lembang

situ lembang

Situ lembang adalah tujuan wisata alam di bandung yang sampai saat ini masih banyak pengunjung nya, tetapi dengan semakin banyaknya tempat wisata baru yang menyajikan berbagai wahana dan keunikan tersendiri maka pengunjung situ lembang sudah semakin jarang ditahun-tahun belakangan ini.

15. Taman Juanda (Gua Belanda)

taman juanda

taman juanda

Taman Juanda adalah kawasan wisata hutan lindung di daerah Dago, di area wisata ini juga terdapat situs gua belanda dan gua jepang sisa zaman penjajahan dulu. di area wisata alam ini juga terdapat danau buatan dan hutan pinus yang sering dijadikan ajang foto prewedding maupun kegiatan wisata lainnya. Jika ingin menelusuri kawasan ini, maka semakin keatas kita akan menuju curug Dago sebagai tujuan akhirnya.

16. Kampung Gajah

kampung gajah

kampung gajah

Kampung Gajah Wonderland adalah destinasi wisata yang termasuk baru di Bandung, walaupun namanya kampung Gajah anda tidak akan menemukan seekor gajah pun di tempat ini. banyak wahana di tempat wisata ini diantaranya adalah Waterboom dengan ombak, gokart, dan yang lainnya. jika anda ke Bandung tidak ada salahnya anda mencoba berbagai wahana yang ada di kampung gajah ini.

17. Floating Market

floating market lembang

floating market lembang

Floating market lembang adalah tempat wisata dengan konsep danau buatan yang daya tarik utamanya adalah pedagang makanan yang berjualan dipinggir danau kemudian kita berbelanja dengan menggunakan perahu di danau nya. tidak banyak wahana yang ada di area wisata ini, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk menikmati tempat wisata ini tidak terlalu memakan banyak waktu.

18. Kampung Daun

kampung daun

kampung daun

19. Sapu Lidi

sapu lidi bandung

sapu lidi bandung

20. Caringin Tilu

caringin tilu bandung

caringin tilu bandung

Caringin tilu adalah tempat menikmati indahnya kota bandung dari ketinggian, di area ini banyak sekali tempat yang bisa dikunjungi sambil ngopi, makan, dan lain-lain dari ketinggian kota bandung.

21. Saung Angklung Udjo

saung angklung udjo

saung angklung udjo

22. De’ Ranch Lembang

de ranch Lembang

de ranch Lembang

23. Masjid Agung Bandung

masjid agung bandung

masjid agung bandung

24. Museum Geologi

museum geologi bandung

museum geologi bandung

25. Tebing Keraton

tebing keraton

tebing keraton