DSC_0246Museum Konferensi Asia Afrika merupakan salah satu museum yang berada di kota Bandung, dan terletak di Jl. Asia Afrika. Museum ini merupakan memorabilia dari Konferensi Asia Afrika.

Museum Konferensi Asia Afrika diresmikan berdirinya oleh Presiden RI Soeharto pada tanggal 24 April 1980 sebagai puncak peringatan 25 tahun Konferensi Asia Afrika.

Museum ini masih bagian dari Gedung Merdeka, Secara keseluruhan Gedung Merdeka memiliki dua bangunan utama, yang pertama disebut Gedung Merdeka sebagai tempat sidang utama, sedangkan yang berada di samping Gedung Merdeka adalah Museum Konferensi Asia Afrika sebagai tempat memorabilia Konferensi Asia Afrika.

DSC_0245Prof.Dr.Mochtar Kusumaatmadja penggagas dibangunnya Museum Konferensi Asia Afrika di Gedung Merdeka ini. Dengan alasan banyak kepala negara di Asia Afrika yang berkeinginan untuk melihat dan mengunjungi tempat lahirnya deklarasi Dasa Sila Bandung yang sangat bersejarah bagi lahirnya bangsa-bangsa Asia Afrika dengan memperoleh kemerdekaan.

Museum Konferensi Asia Afrika ini memiliki konsep bangunan Art Deco dengan bahan lantai dasar dari marmer yang sengaja didatangkan langsung dari negeri Italia.Sementara ruangannya terbuat dari kayu Cikenhout yang terkenal kuat dan penerangannya menggunakan Lampu Kristal bias yang memberikan cahaya gemerlap.

Museum Konferensi Asia Afrika menyimpan banyak sekali informasi dan dokumentasi tentang Konferensi Asia Afrika, mulai dari konferensi pertama yang terjadi tahun 1955, dan konferensi-konferensi selanjutnya yang dilakukan setiap 10 tahun sekali.

Museum ini sangat cocok untuk menjadi tujuan wisata bersama keluarga dan anak-anak, agar generasi sekarang dan selanjutnya tidak melupakan peristiwa penting yang ada di kota ini, wisata sejarah akan banyak mengajarkan tentang nasionalisme, dan mengajarkan nilai-nilai perjuangan para pahlawan di masa lalu.

DSC_0266 DSC_0261