Saat ini kopi sangat digandrungi oleh masyarakat, minum kopi seakan menjadi trend baru untuk kalangan anak muda, hal itu bisa dilihat dengan menjamurnya kedai kopi yang ada di kota Bandung.

Bandung memiliki banyak sekali tempat untuk meminum kopi. Namun tak lengkap rasanya kalau belum mencoba produk Kopi Aroma. Kopi Aroma ini merupakan salah satu produsen kopi yang terkenal baik di Bandung maupun di seluruh Indonesia bahkan sampai ke mancanegara. Pabrik kopi ini sudah ada sejak tahun 1930 silam, karena itu bangunannya masih bergaya kolonial.

IMG_0737

Banyak orang bertanya apa yang menjadi keistimewaan Kopi Aroma ini? keistimewaannya terletak dari proses pembuatan kopi tersebut. sebelum menjadi kopi bubuk yang siap untuk diseduh, butuh waktu 8 tahun sebelum kopi ini mulai untuk diolah. kopi disimpan di pabrik selama 8 tahun untuk mengurangi kadar asam dalam kopi. Setelah disimpan, biji kopi ini akan melalui tahap roasting kemudian didinginkan lalu melewati proses quality control. Biji kopi ini akan dipisahkan dari kulitnya kemudian digiling menjadi bubuk kopi. Alat yang dipakai dalam berbagai proses itu masih asli dan sama sejak tahun 1930, alat pemanggang kopi diimport dari Eropa pada tahun 1930. Bahan bakar yang dipakai dalam proses pemanggangan juga dari kayu karet. Karena hal itu lah Kopi Aroma memiliki aroma dan cita rasa yang sangat khas.

IMG_0749Kopi Aroma terkenal dengan kandungan asam yang tidak tinggi sehingga aman dinikmati saat perut sedang kosong. Karena ciri khasnya ini, Kopi dari toko Aroma juga banyak didatangi oleh pengujung dari manca negara, terutama Jepang, Belanda, dan Amerika Serikat. Bahkan pakar kuliner asal Indonesia Bondan Winarnopun ternyata menggunakan kopi produksi Pabrik Kopi Aroma ini untuk kedai milinya Kopitiam Oey.

Biji kopi yang dipakai di pabrik ini diambil dari berbagai perkebunan di Aceh, Lampung, Medan, Flores, sampai Toraja. Kopi dari toko Aroma memang tidak hanya menjual bubuk kopi, namun juga biji kopi asli dari Toraja, Jawa, atau Aceh Gayo.

 

 

Lokasi

Koffie Fabriek Aroma berada di Jalan Banceuy No. 51 Bandung, Jawa Barat – Indonesia.
Telp: 022-4230473

Related Posts