Inlah 15 Poin penting hasil rapat koordinasi yang digelar oleh Deputi Menko PMK Bidang Koordinasi Kebudayaan Haswan Yunaz yang menggelar rapat tertutup di kantornya.

Dalam rapat yang di selengarakan di kantor Menko PMK tersebut dihadiri oleh Ketua Umum KOI, Deputi 5 Kemenpora, Wakil Ketua Umum KONI, Deputi Gubernur DKI Bidang Kebudayaan, Asisten III Setda Sumatera Selatan, Kadispora Jawa Barat, dan para pejabat yang mewakili sejumlah lembaga terkait (seperti TNI, Polri, Kemlu, Kominfo, KemPU, Kemkeu, Kempar dan lain sebagainya).

Topik utama yang dipersiapkan yaitu tentang penyelenggaraan PON 2016 dan Asian Games 2018, dan akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo dan akan di hadiri oleh beberapa Mentri dan pejabat tinggi lainnya, belum ada konfirmasi secara detail siapa saja mentri yang turut hadir dalam acara PON 2016 dan Asian Games 2018.

Berikut 15 poin dari kesimpulan rapat seperti dikutip situs Kemenpora, Rabu (23/9/2015)

1. Pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 direncanakan akan diadakan di Jakarta sesuai dengan hasil General Assembly OCA tahun 2015 di Turkmenistan.

2. Setiap lembaga kementerian dan lembaga non kementerian terkait diminta untuk menyesuaikan persiapannya sesuai tugas dan fungsinya masing-masing.

3. Sesuai dengan permintaan OCA, dibutuhkan jaminan adanya pengaturan transportasi yang baik bagi kelancaran mobilitas seluruh atlet mengingat tersebarnya sejumlah venue pertandingan, khususnya antara Jakarta dengan Palembang.

4. Program renovasi kawasan GBK Senayan di bawah tanggung-jawab Kemenpora.

5. Keempat provinsi (Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten) sudah sepenuhnya dalam persiapan menjelang pelaksanaan Asian Games 2018.

6. Kegiatan promosi Asian Games 2018 harus sudah mulai offensif dilakukan di tahun 2016 dengan berbagai fasilitas dan media yang tersedia.

7. Draft Master Plan Asian Games 2018 yang sudah dalam tahap finalisasi harus segera diselesaikan.

8. KOI berkomitmen untuk menyediakan petunjuk umum dan teknis jika diperlukan setiap saat.

9. BPKP berkomitmen untuk memberikan pendampingan bagi tertib administrasi, dan bahkan BPKP sudah menyarankan agar sponsorship tidak diterima dalam bentuk fresh money.

10. Draft Inpres yang sudah dalam tahap finalisasi untuk dapat segera diselesaikan.

11. Setiap lembaga kementerian dan lembaga non kementerian harus sudah mulai merancang rencana kegiatannya.

12. Persiapan para atlet oleh KONI harus sudah dilakukan sejak tahun 2016.

13. Persiapan penyelenggaraan PON 2016 di Jawa Barat sudah on the right tract. Namun demikian masih dibutuhkan kelengkapan payung hukum penyelenggaraan.

14. Pembukaan PON tetap direncanakan di Stadion Gede Bage. Namun demikian, seandainya tidak memungkinkan karena alasan masalah hukum dan renovasi tertentu, sebagai alternatifnya dipersiapkan Stadion Jalak Harupat.

15. Persiapan penyelenggaraan Asian Para Games 2018 juga tetap on the right tract, meski lebih sederhana dan dengan waktu penyelenggaraan yang tidak terlalu jauh dengan waktu penyelenggaraan Asian Games 2018.

Related Posts