Mobil

Restorasi Mobil Sedan Toyota Corolla DX Retro Style

4028
mobil sedan corolla

Pada saat saya bangun mobil ini, tidak pernah terpikir oleh saya untuk suatu hari kemudian saya jual mobil ini. tetapi seiring berjalannya waktu dan tentunya kebutuhan yang tidak diduga maka hal yang membuat saya berat akhirnya harus saya putuskan, karena dari awal saya sudah berjanji pada diri saya sendiri untuk memelihara dan merawat mobil ini yang sudah saya anggap seperti isteri kedua. saking sayangnya saya pada mobil ini, saya tidak pernah rela seorangpun bisa mengendarai mobil ini…

Dengan berat hati, maka mulai hari ini saya tawarkan mobil sedan corolla DX kesayangan saya ini barangkali ada diantara pembaca yang berminat dan meneruskan untuk merawat mobil ini. Saat ini kondisi kendaraan dalam kondisi normal, penampilan fisik bisa dilihat pada foto-foto dibawah. satu hal yang pasti, semua teman-teman saya di komunitas DX Bandoeng mengatakan mobil ini istimewa kondisinya lain dari pada yang lain, diantaranya mobil masih empuk, tidak berisik, nyaman, ac dingin, interior dan eksterior asesories bawaan masih nempel dan terawat tentunya.

Jika ada diantara pembaca yang berminat untuk meminangnya, silahkan telpon 08122028710…Lokasi Di Bandung daerah Cijerah….Silahkan buktikan dan test drive langsung, Dijamin tidak mengecewakan.

Mobil Sedan Corolla produksi Toyota di Indonesia sampai saat ini sudah lahir sampai 11 (sebelas) generasi, sebuah pencapaian yang panjang dan meyakinkan tentunya. Hal ini bisa dibandingkan dengan kompatitor yang memproduksi mobil sejenis yang jumlah produksinya tentu saja tidak sebanding dengan apa yang telah dicapai oleh Toyota motor corporation sampai saat ini.
Melihat dan memperhatikan produk toyota khususnya untuk type sedan corolla yang sudah ada sampai 11 (sebelas) generasi tentu saja ada sesuatu yang menarik dan menjadi keunggulan dari mobil produk Toyota ini. Hal yang cukup menjadi perhatian saya adalah dari model yang futuristik dan abadi sehingga menjadikan mobil sedan type corolla tidak lekang oleh waktu, dan semakin hari semakin banyak orang yang kagum akan model, maupun ketangguhan mobil sedan corolla. Hal ini terbukti masih banyak sekali orang yang tetap menggunakan mobil sedan corolla di jalanan kota di Indonesia, dimulai dari type corolla generasi pertama sampai generasi ke-empat bahkan generasi ke-lima masih banyak ditemukan pengguna mobil-mobil sedan corolla di Indonesia.

Sebagai sarana transportasi tentu saja kebutuhan akan mobil sudah menjadi hal yang sangat penting, dimana adakalanya kita membutuhkan kendaraan yang bisa mengangkut barang atau penumpang lebih banyak dibandingkan dengan menggunakan sepeda motor roda dua. Hal ini menjadi bahan pertimbangan saya untuk memiliki kendaraan roda empat, dan berdasarkan paparan singkat tulisan diatas akhirnya saya memutuskan untuk memiliki mobil dan pilihan saya jatuh pada Mobil Sedan Corolla DX, yaitu sebuah mobil sedan corolla generasi ke-empat yang diproduksi oleh Toyota. Dengan alasan bahwa toyota corolla DX adalah sebuah mobil sedan yang tangguh, model yang menarik dan cenderung digemari maka saya merasa mantap untuk dapat memiliki sebuah mobil corolla DX dan menjadikan corolla sedan terbaik sebagai sarana transportasi saya bersama keluarga.

Atas dasar itulah kira-kira mengapa Toyota Corolla DX menjadi mobil sedan tunggangan saya saat ini. Dengan informasi yang minim dan kecintaan terhadap Mobil Sedan Toyota Corolla DX kurang lebih tahun 2011 saya mulai coba mengenal Toyota Corolla DX secara lebih detail. Hal pertama yang saya coba amati adalah mengenal perbedaan mendasar antara corolla dx produksi tahun 1980, 1982, dan 1983. secara umum mobil sedan corolla dx keluaran tahun 80 – 83 adalah dari segi model hampir sama, yaitu sedan 4 (empat) pintu dengan mesin yang sama-sama menggunakan 4K. selebihnya perbedaan mendasar toyota corolla DX keluaran tahun 80 – 83 yang beredar di Indonesia antara lain adalah :

1. Mobil Sedan Corolla DX Tahun 1980

DX80

DX80

Mobil Sedan Corolla DX produksi tahun 80 ciri-ciri uniknya adalah lampu menggunakan sealed beam bulat sebanyak 4 (empat) buah dengan bumper besi dan masing-masing ujungnya menggunakan karet, interior dashboard dan yang lainnya dominan warna coklat, dan jok semi kulit warna coklat dengan spion tanduk/fender.

2. Mobil Sedan Corolla DX Tahun 1981

DX81

DX81

Mobil Sedan Corolla DX produksi tahun 81 ciri-cirinya hampir sama dengan produksi tahun 80, perbedaannya hanya pada grill dan frame+head lamp nya, serta spionnya. selebihnya untuk interior hampir tidak ada perbedaan mencolok dengan corolla dx produksi tahun 80.

3. Mobil Sedan Corolla DX Tahun 1982

DX82

DX82

Mobil Sedan Corolla DX produksi tahun 82 ciri-ciri uniknya adalah head lamp berbeda dengan corolla dx tahun 80/81, bumper besi, interior lebih berwarna coklat tua, dan jok dengan bahan dari kain dan corak maupun motif yang lebih ekslusif, perbedaan lainnya adalah pada speedo meter corolla dx produksi tahun 82 sudah menggunakan RPM.

4. Mobil Sedan Corolla DX Tahun 1983

DX83

DX83

Mobil Sedan Corolla DX produksi tahun 83 hampir sama dengan produksi tahun 82, hampir tidak ada perbedaan sama sekali.

5. Mobil Sedan Corolla DX 1983+

DX83+

DX83+

Mobil Sedan Corolla DX 83+ adalah varian terakhir yang diproduksi Toyota untuk Corolla DX yang beredar di Indonesia, perbedaan signifikan dari corolla DX tahun 82/83 adalah bumper menggunakan bumper karet, dan ada tuas/alat untuk membuka tutup bensin dari dalam.

DX80/81/82/83

DX80/81/82/83

Setelah mengetahui perbedaan mendasar dari masing-masing Mobil Sedan Corolla DX yang beredar di Indonesia, maka saya mulai menentukan pilihan untuk memilih kira-kira Corolla DX mana yang akan saya jadikan tunggangan untuk saya restorasi dulu sebelumnya. Akhirnya pilihan saya jatuh pada Toyota Corolla DX Produksi Tahun 1980, dengan pertimbangan model quad lamp (empat lampu bulat) dan banyaknya asesories pendukung untuk menambah “ganteng” penampilan yang masih melimpah pada saat itu.

Bahan DX80

Bahan DX80

Sadar akan kondisi yang sudah cukup berumur untuk sebuah alat transportasi, maka saya putuskan untuk tidak terburu-buru dalam proses pencarian bahan mobil toyota corolla DX untuk saya bangun ulang atau restorasi. Hal yang menjadi perhatian saya dalam mencari bahan untuk saya restorasi adalah kelengkapan yang menempel pada mobil sedan corolla DX yang akan saya beli, yang menjadi acuan saya pada saat itu adalah minimal kondisi originalitas pada mobil yang akan saya beli tersebut kondisinya 70% dari kondisi aslinya. Singkat kata, akhirnya saya mendapatkan bahan corolla DX untuk saya restorasi dengan kondisi mobil sesuai kriteria yang cari kelengkapan seperti list body, radio original, antena, jok, karpet, dll bawaan mobilnya masih ada. Hal ini menjadi pertimbangan penting karena akan lebih sulit lagi mencari kelengkapan asesories yang menempel pada mobil pada saat itu, karena saya yakin beberapa part asesories tidak akan ada yang menjualnya di toko.

Akhir kata setelah transaksi dilakukan maka saya mulai mempreteli mobil tersebut, dimulai dari membuka list body yang menempel, bumper spion, head lamp, sampai karpet semua saya copot sehingga pada saat akan saya bawa ke bengkel cat pada saat itu saya hanya menyisakan stir dan jok pengemudi. hal ini perlu kita lakukan untuk me-restorasi mobil tua dikarenakan resiko hilang atau rusaknya kelengkapan asesories sangat besar jika kita menyerahkan proses pencopotan asesories tersebut di bengkel cat. Setelah semua dilepas maka saya bawa mobil tersebut ke bengkel cat, untuk di kerok total cat dan dempul lama nya.

Pemilihan bengkel cat juga sebaiknya tidak sembarangan, jika kita tidak mengenal sekali si tukang/bengkel cat jangan sekali-sekali anda mempercayakannya, saya hanya mencoba berbagi pengalaman karena saya pernah “dikerjain” tukang cat dimana bagian yang seharusnya di las malah hanya cuma di dempul saja alhasil beberapa minggu kemudian cat sudah terkelupas lagi, hal ini tentu saja merugikan kita baik waktu maupun dana. kesimpulannya adalah pilihlah tukang/bengkel cat yang benar-benar sudah dipercaya, jangan terbuai dengan harga yang murah. untuk yang hobby otomotif harga tidak akan bohong jikalau memang mahal pasti hasilnya juga sebanding. saya memutuskan untuk kerok total dengan melepas cat dan dempul lama karena pertimbangan saya kita akan membangun kembali sebuah mobil lama yang usianya sudah 30 tahunan, serapih apapun kondisi luarnya akan sangat bisa dipastikan adanya karat, keropos, atau bahkan bolong pada salah satu panelnya. dan ternyata dugaan saya benar, banyak sekali keropos, karat, dan bolong di beberapa bagian yang harus di las ulang atau bahkan diganti pelatnya.

Pada saat restorasi saya sengaja tidak me-lepas komponen mesin, dan yang lainnya karena tujuan saya restorasi hanya sebatas perbaikan body saja dan saat itu saya tidak berencana melakukan penggantian/”swap” mesin. proses restorasi dan pengerokan cat lama sampai pengelasan memakan waktu 3 sampai 4 bulan tergantung bengkelnya. hal ini tidak bisa diburu-buru jika kita menginginkan hasil yang benar-benar maksimal. Setelah proses pengelupasan dan las ulang, jangan lupa pastikan semua sesuai dengan bentuk aslinya. selanjutnya adalah proses pendempulan untuk membentuk body mobil yang indah sesuai dengan semestinya. proses pendempulan juga tidak bisa diburu-buru karena pengeringannya harus benar-benar maksimal supaya hasilnya juga maksimal, dan yang paling penting adalah sabar. karena proses tersebut adalah proses terlama dalam me-restorasi mobil, untuk pengecatan sendiri itu relatif sangat cepat apalagi jika kita menggunakan jasa cat oven. setelah semua proses pengecatan benar-benar sudah dilakukan 100% maka kita tinggal memasangkan kembali asesories-asesories bawaan maupun asesories-asesories pelengkap supaya penampilan mobil sedan corolla kita bisa lebih “ganteng”.

Toyota Corolla DX80

Toyota Corolla DX80

mobil sedan corolla

mobil sedan corolla

 

Jual Mobil Seda Toyota Corolla DX Wagon Version….

About the author / 

Agung Darmawan