New Look, New Performance. Itulah jargon yang diusung Perpustakaan Daerah (Pusda) Jawa Barat. Terhitung 6 Februari 2013, Pusda Jabar memang telah bersulih rupa dan pindah tempat. Markas Pusda lama di Jalan Soekarno-Hatta 629 yang fisiknya tak jauh beda dengan bangunan instansi pemerintah kebanyakan, kini sudah ditinggalkan. Pusda Jabar yang baru kini terletak di Jalan Kawaluyaan Indah II No. 4. Dengan tampilan gedung yang boleh dibilang wah untuk ukuran sebuah perpustakaan daerah di Indonesia.

Tidak tanggung-tanggung, Pusda Jabar sekarang menempati bangunan empat lantai. Rasanya tidak berlebihan bila Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Jawa Barat (Bapusipda) Jabar melabelinya dengan Perpustakaan Bertaraf Internasional (PBI). Begitu masuk pintu, kita serasa mengunjungi sebuah hotel. Ada tangga berjalan, meski hanya bisa dipergunakan untuk turun. Juga ada sepasang lift sebagai sarana pengunjung untuk naik atau turun dari satu lantai ke lantai lainnya.

Tidak cuma fisiknya saja yang modern, sarana pendukung lainnya pun terasa kekinian. Untuk daftar jadi anggota, misalnya, kini bisa dilakukan sendiri dengan cara online di komputer yang telah disediakan di Lantai 3. Setelah beres registrasi, kita tinggal beranjak ke ruang foto untuk mencetak kartu anggota. Langsung jadi dan bisa digunakan saat itu juga. Tapi jangan lupa menyediakan fotokopi KTP dan empat lembar foto ukuran 2 X 3 sebagai syarat menebus kartu anggota. Kita akan diberi tiga kartu untuk peminjaman buku. Jangan khawatir, semuanya prodeo alias gratis.

Layanan serba online juga berlaku untuk buku tamu dan katalog. Jadi tidak perlu repot bertanya kepada petugas jika sekadar ingin mengetahui buku apa saja yang tersedia di sana. Sebuah fitur yang sangat penting bagi pengunjung seperti mahasiswa yang tengah mencari bahan referensi, sebab kadang kita harus muter-muter dulu untuk mengetahui apakah buku yang kita cari tersedia atau tidak. Bagi yang doyan berselancar atau mau update status di medsos, Pusda Jabar menyediakan fasilitas wifi dengan koneksi terbilang cepat.

Empat lantai Pusda Jabar digunakan untuk fungsi berbeda. Lantai 1 khusus untuk anak-anak. Ruangan ini didesain sedemikian rupa agar anak-anak betah berada di sana. Tidak hanya buku-buku yang terbilang memadai, tapi juga ruangannya juga didesain mirip tempat bermain. Lengkap meja-meja kecil dan karpet empuk bergambar warna-warni.

Lantai 2 diperuntukkan bagi pengunjung remaja dan dewasa. Rak buku tersusun rapi, juga didukung pencahaan sangat memadai, membuat orang yang hobi membaca susah untuk beranjak. Buku biografi dan novel-novel beken bisa kita lahap di ruangan ini. Jika tidak sempat membacara sampai kelar, kita bisa meminjam buku tersebut. Jangka waktu peminjaman dipatok dua minggu.

Beranjak ke lantai 3. Ruangan ini khusus menyediakan bahan referensi dan media yang terbit berkala seperti koran atau majalah. Arsip koran dan majalah tergolong lengkap pula. Tapi hanya bisa baca di tempat. Sementara lantai 4 hanya berupa aula

Bagi yang hobi baca, Pusda Jabar sekarang sangat layak dijadikan andalan. Pusda Jabar buka pada hari Senin sampai Sabtu mulai pukul 08.00 sampai 15.30. Sayang Pusda Jabar libur di hari Minggu dan hari besar lainnya. Padahal Minggu dan hari libur adalah waktu yang lebih tepat untuk membawa anak-anak berkunjung ke perpustakaan.

Related Posts